Apa itu Protokol Jaringan ???
Protokol Jaringan adalah Sebuah aturan atau standar yang
mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data
antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat
keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang
terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan
untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.
1. Protokol NETWARE
Perusahaan Novell memilih untuk mendasarkan paket jaringan
mereka pada paket XNS. Novell menciptakan sedikit perubahan ke IDP dan SPP, dan
menamakannya Paket Pertukaran di Internet atau Internet Packet Xchange (IPX)
dan pertukaran Paket yang Berurut atau Sequenced Packet Xchange (SPX). Novell
menambahkan beberapa protokol baru, seperti NetWare Core Protocol (NCP), yang
menyediakan kemampuan untuk berbagi sumber daya berkas dan printer yang dapat
berjalan melalui IPX, dan Service Advertisement Protocol (SAP). Dimana SAP
memungkinkan host dalam jaringan Novell untuk mengetahui persis host yang
menyediakan masing-masing service.
Disamping dukungannya terhadap protokol standar seperti
tersaji di atas (kecuali AppleTalk), NetWare telah memperkenalkan beberapa
protokol tambahan khusus untuk NetWare. Protokol ini seringkali memiliki juga
fungsi yang terdapat dalam protokol standar, tetapi protokol ini terpadu penuh
kedalam sistem NetWare. Protokol NetWare digunakan hanya pada jaringan NetWare,
untuk melengkapi protokol standar dan dirancang agar NetWare dapat bersaing
melawan sistem lain yang membatasi implementasinya hanya pada protokol standar.
2. Protokol UDP
User Datagram Protocol (UDP) adalah salah satu protokol
lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal
(unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan
yang menggunakan TCP/IP. UDP memiliki karakteristik-karakteristik berikut:
Connectionless
(tanpa koneksi): Pesan-pesan UDP akan dikirimkan tanpa harus dilakukan proses
negosiasi koneksi antara dua host yang hendak berukar informasi.
Unreliable (tidak
andal): Pesan-pesan UDP akan dikirimkan sebagai datagram tanpa adanya nomor
urut atau pesan acknowledgment. Protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas
UDP harus melakukan pemulihan terhadap pesan-pesan yang hilang selama
transmisi. Umumnya, protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP
mengimplementasikan layanan keandalan mereka masing-masing, atau mengirim pesan
secara periodik atau dengan menggunakan waktu yang telah didefinisikan.
UDP menyediakan
mekanisme untuk mengirim pesan-pesan ke sebuah protokol lapisan aplikasi atau
proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.
Header UDP berisi field Source Process Identification dan Destination Process
Identification.
UDP menyediakan
penghitungan checksum berukuran 16-bit terhadap keseluruhan pesan UDP.
Fungsi UDP sebagai berikut:
Protokol yang
“ringan” (lightweight): Untuk menghemat sumber daya memori dan prosesor,
beberapa protokol lapisan aplikasi membutuhkan penggunaan protokol yang ringan
yang dapat melakukan fungsi-fungsi spesifik dengan saling bertukar pesan.
Contoh dari protokol yang ringan adalah fungsi query nama dalam protokol
lapisan aplikasi Domain Name System.
Protokol lapisan
aplikasi yang mengimplementasikan layanan keandalan: Jika protokol lapisan
aplikasi menyediakan layanan transfer data yang andal, maka kebutuhan terhadap
keandalan yang ditawarkan oleh TCP pun menjadi tidak ada. Contoh dari protokol
seperti ini adalah Trivial File Transfer Protocol (TFTP) dan Network File
System (NFS)
Protokol yang
tidak membutuhkan keandalan. Contoh protokol ini adalah protokol Routing
Information Protocol (RIP).
Transmisi
broadcast: Karena UDP merupakan protokol yang tidak perlu membuat koneksi
terlebih dahulu dengan sebuah host tertentu, maka transmisi broadcast pun
dimungkinkan. Sebuah protokol lapisan aplikasi dapat mengirimkan paket data ke
beberapa tujuan dengan menggunakan alamat multicast atau broadcast. Hal ini
kontras dengan protokol TCP yang hanya dapat mengirimkan transmisi one-to-one.
Contoh: query nama dalam protokol NetBIOS Name Service.
3. Sejarah &
Arsitektur TCP/IP
Sejarah
Internet Protocol dikembangkan pertama kali oleh Defense
Advanced Research Projects Agency (DARPA) pada tahun 1970 sebagai awal dari
usaha untuk mengembangkan protokol yang dapat melakukan interkoneksi berbagai
jaringan komputer yang terpisah, yang masing-masing jaringan tersebut
menggunakan teknologi yang berbeda.
Pertamakali TCP/IP diterapkan di ARPANET, dan mulai
berkembang setelah Universitas California di Berkeley mulai menggunakan TCP/IP
dengan sistem operasi UNIX.
Arsitektur
Adapun rincian fungsi masing-masing layer arsitektur TCP/IP
adalah sbb :
a. Physical Layer
(lapisan fisik) merupakan lapisan terbawah yang mendefinisikan besaran
fisik seperti media komunikasi, tegangan, arus, dsb.
Lapisan ini dapat bervariasi bergantung pada media
komunikasi pada jaringan yang bersangkutan. TCP/IP bersifat fleksibel sehingga dapat
mengintegralkan mengintegralkan ber bagai jaringan dengan media fisik yang berbeda-beda.
b. Network
Access Layer mempunyai fungsi yang mirip dengan Data Link layer pada OSI. Lapisan ini
mengatur peny aluran data frame-frame data pada media fisik yang digunakan
secara handal. Lapisan ini biasanya memberikan servis untuk deteksi dan koreksi
kesa lahan dari data yang ditransmisikan. Beberapa contoh protokol yang
digunakan pada lapisan ini adalah X.25 jaringan publik, Ethernet untuk ja
ringan Etehernet, AX.25 untuk jaringan Paket Radio dsb.
c. Internet
Layer mendefinisikan bagaimana hubungan dapat terjadi antara dua
pihak yang berada pada jaringan yang berbeda seperti Network Layer pada OSI. Pada jaringan
Internet yang terdiri atas puluhan juta host dan ratusan ribu jaringan lokal,
lapisan ini bertugas untuk menjamin agar suatu paket yang dikirimkan dapat
menemukan tujuannya dimana pun berada.
Oleh karena itu, lapisan ini memiliki peranan penting terutama dalam mewujudkan
internetworking yang meliputi wilayah lu as (worldwide Internet).
Beberapa tugas
penting pada lapi san ini adalah:
Addressing, yakni
melengkapi setiap datagram dengan alamat Internet dari tujuan. Alamat pada protokol inilah yang dikenal dengan Internet
Protocol Address ( IP Address). Karena pengalamatan (addressing ) pada jaringan
TCP/IP berada pada level ini (software ), maka jaringan TCP/IP independen dari
jenis media dan komputer yang
digunakan.
Routing , yakni
menentukan ke mana datagram akan dikirim
agar mencapai tujuan yang diinginkan. Fungsi ini merupakan fungsi terpenting
dari Internet Protocol (IP). Sebagai
protokol yang bersifat connectionless ,
proses routing sepenuhnya ditentukan oleh jaringan. Pengirim tidak memiliki
kendali terhadap paket yang di kirimkannya untuk bisa mencapai tujuan.
Router-router pada jaringan TCP/IP lah
yang sangat menentukan dalam penyampaian datagram dari penerima ke tujuan.
d. Transport
Layer mendefinisikan cara-cara
untuk melakukan pengiriman data antara end to end host secara handal. Lapisan
ini menjamin bahwa informasi yang
diterima pada sisi penerima adal ah sama dengan informasi yang dikirimkan pada
pengirim. Untuk itu, lapisan ini memiliki beberapa fungsi penting antara lain :
Flow Control. Pengiriman data yang telah dipecah menjadi paket-paket tersebut harus
diatur sedemikian rupa agar pengirim
tidak sampai mengirimkan data dengan kecepatan
yang melebihi kemampuan penerima dalam menerima data.
Error Detection.
Pengirim dan penerima juga melengkapi
data dengan sejumlah informasi yang bisa digun akan untuk memeriksa data yang
dikirimkan bebas dari kesalahan. Jika ditemukan kesalahan pada paket data yang
diterima, maka penerima tidak akan menerima data tersebut. Pengirim akan
mengirim ulang paket data yang
mengandung kesalahan tadi. Namun hal ini dapat menimbulkan delay yang cukup berartii.
Pada TCP/IP, protokol yang dipergunakan adalah Transmission Control Protocol (TCP) atau User Datagram Protocol (UDP). TCP dipakai untuk aplikasi-aplikasi yang
membutuhkan keandalan data, sedangkan
UDP digunakan untuk aplikasi yang
membutuhkan panjang paket yang pendek dan
tidak menuntut keandalan yang tinggi. TCP memiliki fungsi flow control dan error detection dan bersifat
connection oriented . Sebaliknya pada UDP yang bersifat connectionless tidak ada mekanisme pemeriksaan data dan flow
control, sehingga UDP disebut juga
unreliable protocol. Untuk beberapa hal yang menyangkut efisiensi dan
peny ederhanaan, beberapa aplikasi memilih menggunakan UDP sebagai protokol
transport. Contohnya adalah aplikasi database yang hanya bersifat query dan
response, atau aplikasi lain yang sangat sensitif terhadap delay
seperti video conference . Aplikasi
seperti ini dapat mentolerir sedikit kesalahan (gambar atau suara masih bisa
dimengerti), namun akan tidak nyaman untuk dilihat jika terdapat delay yang
cukup berarti.
e. Application
Layer merupakan lapisan terakhir
dalam arsitektur TCP/IP yang berfungsi mendefinisikan aplikasi-aplikasi yang
dijalankan pada jaringan. Karena itu, terdapat banyak protokol pada lapisan ini, sesuai dengan banyaknya
aplikasi TCP/IP yang dapat dijalankan.
Contohnya adalah SMTP ( Simple Mail Transfer Protocol ) untuk pengiriman e-mail
, FTP ( File Transfer Protocol) untuk transfer file, HTTP ( Hyper Text Transfer
Protocol ) untuk aplikasi web, NNTP ( Network News Transfer Protocol) untuk
distribusi news group dan lain-lain.
Setiap aplikasi pada umumnya menggunakan
protokol TCP dan IP, sehingga keseluruhan keluarga protokol ini dinamai dengan
TCP/IP.
4. Perbandingan model OSI dngan TCP/IP
5. Protokol pada jaringan Peer to Peer
Jaringan peer to peer adalah sebuah jaringan komputer dimana
setiap komputer disusun dan dihubungkan satu sama lain tanpa adanya kontrol
terpusat yang berperan sebagai server murni. Setiap komputer yang ada dalam
jaringan peer to peer menawarkan layanan yang sama sehingga server bisa sebagai
client atau client juga bisa sebagai server. jaringan peer to peer cocok
digunakan untuk jaringan dengan kapasitas kecil.
6. Setting IP pada Windows dan Linux
Pada Windows
Buka Start –
Control Panel – Network Connection
Klik kanan pada
Local Area Connection – pilih Properties
Pada tab General,
klik menu Internet Protocol (TCP/IP) dan klik Properties
Tuliskan alamat IP
yang dikehendaki, misalnya 192.168.1.182 dengan Subnet mask 255.255.255.0.
Perlu diperhatikan, bahwa masing-masing komputer harus memiliki alamat IP yang
berbeda (alamat IP bersifat unik)
Lakukan testing
dengan membuka command prompt dan mengetik perintah ping 192.168.1.182
Jika reply
berhasil berarti komputer sudah berada dalam jaringan dan siap digunakan
Cek koneksi dengan PC lain. Hubungkan keduanya dengan kabel
LAN. Buka command prompt dan ketikkan ping ipAddress (milik PC lain). Jika
reply berhasil berarti kedua komputer telah terhubung.
Pada Linux
Untuk setting jaringan di Linux mungkin agak susah karena
kita tidak biasa dengan OS yang satu ini, tapi tetap perlu dicoba ya
teman-teman :D Untuk setting jaringan di Linux bisa melalui dua cara yaitu
command line dan GUI.
Melalui command line:
Kita hanya perlu mengedit file /etc/network/interfaces dan
mengisinya dengan settingan yang diinginkan. Caranyai:
1. Buka Terminal, jalankan perintah : sudo nano
/etc/network/interface
2. Misalnya kita mempunyai koneksi eth0 yang terhubung, dan
ingin memberi IP address baru seperti ini :
IP: 192.168.1.120
Subnet mask / Netmask: 255.255.255.0
Gateway: 192.168.1.254
yang perlu kita lakukan adalah menambahkan baris berikut
ini:
auto eth0
iface eth0 inet
static
address
192.168.1.120
netmask
255.255.255.0
gateway
192.168.254
3. Save, dengan menekan Ctrl – X – Y
Selanjutnya kita masih harus mengedit DNS Server, kita perlu
mengedit /etc/resolv.conf:
1. Buka Terminal, jalankan perintah ini:
sudo nano /etc/resolv.conf
2. Masukkan DNS, misalnya anda ingin menggunakan DNS dari
Google (8.8.8.8), masukkan dengan format seperti ini:
nameserver 8.8.8.8
3. Setelah semua settingan diatas di isi, kita harus membuat
agar sistem membaca atau mengenali settingan yang kita buat, jalankan perintah
ini pada terminal: sudo /etc/init.d/networking restart
Melalui GUI :
1. Klik-kanan pada icon networkmanager (ditunjukkan dengan
icok jaringan), lalu pilih Edit Connections.
2. Pada tab Wired (koneksi kabel), klik pada tombol Add
untuk menambah settingan baru.
3. Masuk ke tab IPv4 Settings dan isi settingannya:
Method : Manual
address
192.168.1.120
netmask
255.255.255.0
gateway
192.168.254
4. Setelah settingan selesai diisi, klik Apply
5. Klik pada NetworkManager dan pilih settingan yang baru
saja dibuat. Jika muncul ‘Connection Established’ berarti telah berhasil.
(sumber :
http://fellasyaufie.blog.student.eepis-its.edu/2013/03/21/setting-jaringan-komputer-pada-windows-dan-linux/)
Sumber :
www.google.com
http://1001belajarkomjar.blogspot.com/2014/03/protokol-jaringan-tgs-jardas-15-03-14_14.html#more
0 komentar:
Posting Komentar